Jun 3, 2013

architect : Desain interior dan pencahayaan


 
 
 
 
 
 
1953680 Rate This

Desain interior dan pencahayaan, Salah satu bagian penting dalam desain interior hunian adalah pencahayaan (lighting). Namun sayangnya masih banyak dari kita yang tidak menaruh perhatian lebigh pada bagian ini. Padahal pencahayaan berperan sangat besar dalam menciptakan suasana dan mood dalam ruang huni Anda.
Di bawah ini adalah lima pertanyaan yang sering diutarakan mengenai pencahaayan, seperti dikutip dari laman Pambaboma. Dari sini bisa dijadikan petunjuk bagi Anda dalam menentukan pencahayaan yang baik dan pas untuk rumah tercinta.
1. Bagaimana cara menggunakan pencahayaan untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar di rumah saya? Pada dasarnya ukuran ruangan akan tetap sama, tetapi Anda dapat membuat ilusi ruangan tampak lebih besar dengan menambahkan beberapa lampu, uplights dan pencahayaan tersembunyi. Menginstal beberapa pencahayaan kecil dalam kabinet atau rak buku, atau jika Anda memiliki beberapa furnitur dalam ruangan tersebut juga bisa membantu menciptakan efek ilusi yang lebih baik. 2. Jenis pencahayaan seperti apa yang harus saya gunakan pada dapur rumah saya? Dapur adalah daerah yang memerlukan banyak penerangan karena sensitivitas dan banyaknya kegiatan yang terjadi di sana. Anda harus memiliki pencahayaan yang dapat menerangi seluruh sisi dapur. Pencahayaan tambahan di bawah kabinet pantri juga diperlukan untuk menerangi area kerja dalam dapur. Beberapa aksen pencahayaan di bagian lemari juga baik untuk menerangi langit-langit dapur. 3. Haruskah semua kursi dilengkapi lampu baca? Hal ini biasanya dianjurkan, tetapi dalam beberapa hal mungkin dinilai tidak praktis. Sebuah sofa tidak bisa memiliki satu lampu baca di setiap ruang, karena akan berlebihan. Namun demikian, manfaatkanlah lampu lantai dan lampu pada meja untuk memberikan penerangan yang cukup di ruang tamu atua ruang keluarga Anda. 4. Bagaimana caranya agar lampu di ruangan yang dominan warna gelap bisa lebih terang? Warna gelap biasanya memberikan kesan yang hangat dan mengundang, tetapi warna gelap juga cenderung memberikan kesan yang berat dalam ruangan. Solusinya, Anda bisa menambahkan warna aksen seperti putih, kuning dan oranye untuk aksesoris dalam ruangan. Kemudian berikan pencahayaan yang hangat di beberapa tempat yang tersembunyi atau gunakan lampu lantai. Penggunaan lampu sorot pada bagian tertentu juga bisa ditambahkan untuk penerangan ekstra. 5. Bagaimana caranya membuat pencahayaan yang bisa menghangatkan ruangan di saat musim dingin? Pertama Anda harus menambahkan warna yang kaya dan hangat sebagai aksen pada ruangan. Misalnya bantalan sofa dengan warna tone coklat untuk ruang keluarga atau ruang tamu, dan lampu atau aksesoris ruangan berwarna kuning di kamar tidur.
Pencahayaan yang menghasilkan kehangatan ke dalam ruang sangat penting sebagai aksen penghangat untuk tambahan penerangan dan kehangatan.


PT. DUTA PRO  (Property & kontraktor)
Plaza Victoria Blok B no.01 Sentul City Bogor 16810.
Telp : 021-87953067     Fax :  021-87953076
Hp    :  085691629395    Pin  :   27510FD6
E-mail  :  pt.dutapro@yahoo.co.id

No comments:

Post a Comment